Meningat Kembali Awal Penemuan Pluto Dan Sifat Sifat Planet Ini

Meningat Kembali Awal Penemuan Pluto Dan Sifat Sifat Planet Ini

Berita Terbaru – Hari ini, 90 tahun waktu lalu, benda langit yang sempat disebutkan dengan planet Pluto diketemukan. Pluto dipercaya ialah satu planet waktu diketemukan oleh Clyde Tombaugh pada 18 Februari 1930. Dikutip Universe Today, Tombaugh kerja jadi astronom di Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona.

Meningat Kembali Awal Penemuan Pluto Dan Sifat Sifat Planet Ini

Ia dikasih pekerjaan untuk temukan objek trans atau disebutkan penelusuran Planet X, yakni yang diperkirakan oleh Percival Lowell serta William Pickering. Tombaugh memakai alat yang disebutkan blink comparator (pembanding kedip) untuk pelajari dua gambar dari daerah yang sama di langit yang diambil beberapa malam. Awalnya, dikutip Ruang, astronom Amerika Percival Lowell pertama-tama tangkap panduan mengenai kehadiran Pluto pada 1905. Hal tersebut disaksikan dari penyelewengan aneh yang dia perhatikan dalam orbit Neptunus serta Uranus.

Gravitasi dunia lain menarik ke-2 planet ini di luar. Lowell meramalkan tempat planet misteri itu pada 1915, tapi wafat sebelum sempat menemukannya. Pluto pada akhirnya diketemukan pada 1930 oleh Clyde Tombaugh di Lowell Observatory, berdasar perkiraan Lowell serta beberapa astronom yang lain.

Nama dewa
Nama Pluto dianjurkan oleh Venetia Burney, gadis berumur 11 tahun dari Oxford, Inggris. Pluto ialah nama dewa dari dunia bawah (underworld). Dinamakan Pluto untuk menghargai penemu awalannya, Percival Lowell (dipersingkat jadi PL). Sampai 2015, info yang didapatkan tentang Pluto amat sedikit. Wahana antariksa New Horizons punya NASA temukan Pluto mempunyai diameter 1.473 mil (2.370 km), kurang dari seperlima diameter Bumi, serta cuma seputar dua pertiga selebar bulan Bumi.

Diketemukan gunung setinggi 11.000 kaki (3.500 mtr.) di Pluto. Es metana serta nitrogen tutupi sejumlah besar permukaan Pluto. Beberapa bahan ini kurang kuat untuk memberi dukungan pucuk yang demikian besar, hingga beberapa ilmuwan menyangka jika gunung-gunung tercipta di atas susunan es air.

Beberapa patokan Pluto menurut NASA
Formasi atmosfer: metana serta nitrogen. Penilaian oleh New Horizons memperlihatkan jika atmosfer Pluto memanjang sejauh 1.000 mil (1.600 km) di atas permukaan planet katai. Medan magnet: Belum juga didapati apa Pluto mempunyai medan magnet, tapi ukuran kecil planet itu serta putarannya yang lamban memperlihatkan jika medan magnet Pluto kecil atau mungkin tidak benar-benar.

Formasi kimia: Pluto diperkirakan terbagi dalam kombinasi 70 % batu serta 30 % air es. Susunan internal: Planet kerdil kemungkinan mempunyai pokok berbatu yang dikelilingi oleh mantel es air, dengan es yang lebih eksotis seperti metana, karbon monoksida, serta es nitrogen yang melapisi permukaan.

Perputaran Pluto: retrograde dibanding dengan dunia tata surya lain, yakni dia berputar-putar mundur, dari timur ke barat. Jarak rata-rata dari matahari: 3.670.050.000 mil (5.906.380.000 km)-39.482 kali lipat dari Bumi. Perihelion (pendekatan paling dekat ke matahari): 2.756.902.000 mil (4.436.820.000 km)-30,171 kali Bumi. Aphelion (jarak paling jauh dari matahari): 4,583.190.000 mil (7.375.930.000 km)-48,481 kali lipat dari Bumi.

Bulan atau satelit Pluto: Charon, Styx, Nix, Kerberos serta Hydra, dengan Charon yang paling dekat sama Pluto serta Hydra yang paling jauh. Satelit terbesarnya ialah Charon. Besarnya hampir 1/2 ukuran planet kerdil tersebut. Bulan ini dipanggil Charon, sesudah iblis mitologis yang bawa jiwa-jiwa ke dunia bawah dalam mitologi Yunani.

Pluto tidak disebutkan planet ke-9 dalam tata surya
Pada Agustus 2006, International Astronomical Union menginformasikan jika Pluto tidak dipandang seperti planet. Hal tersebut sebab ketentuan baru yang menjelaskan jika planet-planet harus “bersihkan lingkungan di seputar orbitnya.” Sebab orbit lonjong Pluto tumpang tindih dengan Neptunus, karena itu Pluto didiskualifikasi dari planet. Sampai sekarang cuma ada 8 planet di skema tata surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *