Pernahkan Anda Mencari Tau Siapa Yang Pertama Kali Membuat Kripik Kentang ?

Pernahkan Anda Mencari Tau Siapa Yang Pertama Kali Membuat Kripik Kentang ?

Berita Terbaru – Sekarang keripik kentang salah satu camilan paling terkenal di dunia. Banyak orang suka pada keripik kentang ( potato chips) yang renyah serta gurih. Diambil dari Wonderopolis, kentang ialah makanan terbanyak dikonsumsi nomor dua di planet Bumi sesudah nasi. Beberapa orang lebih suka pada mashed potatoes atau French Fries. Tapi, ada beberapa orang yang lebih suka pada keripik kentang yang garing. Tahukah kamu jika timbulnya cemilan keripik kentang sebab tidak menyengaja?

Pernahkan Anda Mencari Tau Siapa Yang Pertama Kali Membuat Kripik Kentang

Penemu keripik ketang
Dikutip dari Enchanted Learning, keripik kentang tidak menyengaja diketemukan pada musim panas 1853 oleh seorang koki namanya George Crum. George Crum, keturunan Afrika Amerika asli, kerja di Moon Lake Lodge di Saratoga Springs New York, Amerika Serikat. Salah satunya ketrampilan spesial Crum ialah membuat kentang goreng tebal yang dikonsumsi memakai garpu. Satu hari, seorang konsumen setia menyalahkan kentang goreng Crum begitu tebal. Karena itu, Crum membuat potongan kentang yang lebih tipis.

Tapi, konsumen setia masih berpikir potongan kentang itu begitu tebal. Frustrasi, Crum membuat setumpuk kentang dengan potongan demikian tipis. Hingga tidak dapat dikonsumsi dengan garpu. Crum tidak dengan maksud menyenangkan konsumen setia dengan keripik kentang setipis kertas itu. Anehnya, konsumen setia malah suka pada kentang tipis.

Beberapa konsumen setia selekasnya menyukai kentang yang iris tipis-tipis itu. Waktu itu keripik kentang lahir. Selanjutnya Crum memberikan tambahan ke menu Moon Lake Lodge jadi menu ciri khas baru yang disebutkan Saratoga Chips (Keripik Saratoga).

Keripik kentang paket
Waktu itu, keripik kentang masih jadi barang spesial wilayah yang cuma ada di restoran. Mendekati akhir era ke-19, keripik kentang mulai dipasarkan di toko bahan makanan. Orang yang pertama jual keripik kentang di toko bahan makanan kemungkinan ialah William Tappendon dari Cleveland, Ohio. Pada 1895, William Tappendon mulai membuat keripik kentang di dapurnya.

Selanjutnya mengirimkannya ke beberapa toko lokal. Pada akhirnya, Tappendon mengubah gudang tua kepunyaannya jadi salah satunya pabrik keripik kentang pertama. Awalannya pengerjaan keripik kentang memerlukan pekerjaan banyak. Karena kentang harus dikupas serta iris dengan tangan. Semua beralih pada 1920-an saat ada penemuan pengupas kentang mekanis. Dengan tehnologi ini, keripik kentang tumbuh dari cemilan favorite lokal jadi sensasi nasional.

Seorang salesman, Herman Lay jual keripik kentang (dari bagasi mobilnya) ke Amerika Serikat sisi selatan pada 1920-an. Pada 1926, Laura Scudder, pemilik pabrik keripik kentang di Monterey Park, California temukan kantong kertas lilin untuk mengepak keripik kentang. Dengan paket kertas lilin (wax paper) dapat jaga keripik fresh serta renyah. Penemuan ini membuat keripik kentang makin terkenal. Dapat disebutkan, keripik kentang ialah makanan favorite warga Amerika Serikat. Kelihatan dari penjualan keripik kentang di Amerika Serikat sampai lebih dari USD 6 miliar setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *