Pengen Tau Gimana Cara Bayi Panda Memanjat ? Ini Jawabannya

Pengen Tau Gimana Cara Bayi Panda Memanjat ? Ini Jawabannya

Berita Terbaru – Waktu dengar kata panda, kemungkinan Anda akan memikirkan hewan bertubuh bundar, pendek, serta seringkali jatuh dari pohon. Walau sebenarnya, panda ialah beruang yang biasanya pintar memanjat pohon. Lalu, mengapa sejumlah besar panda tidak mahir memanjat pohon?

Pengen Tau Gimana Cara Bayi Panda Memanjat Ini Jawabannya

Disebutkan sejumlah besar, sebab ada pula panda yang pandai memanjat pohon. Ini juga sudah lama jadi misteri buat beberapa ilmuwan. Sampai satu project analisa dari Institut Tehnologi Georgia pelajari perilaku bayi panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding, di China.

Tempat penangkaran di Chengdu ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan panda kembali pada alam liar. Disebut oleh beberapa ilmuwan, memperhatikan ketrampilan memanjat panda bukan hal mudah. Tetapi bagaimana juga, ini harus tetap dikerjakan.

“Benar-benar jarang-jarang riset yang memperhatikan spesies beruang, khususnya mengenai ketrampilan memanjat. Riset ini dapat disebut jadi yang pertama mengerjakannya,” kata Andrew Schulz, seorang pakar fisika konservasi di Geogia Tech yang mempresentasikan penemuan mereka di pertemuan Society for Integrative serta Comparative Biology di Texas minggu kemarin.

“Kami ingin lihat potensi memanjat beruang bersamaan menambahnya umur. Ini akan sangat mungkin kita mengerti bagaimanakah cara memanjat hewan bertumbuh bersamaan menambahnya umur,” tutur Schulz. Schulz serta partnernya Rose Zhao, memperhatikan langkah panda yang berumur setahun memanjat pilar gubuk simpel yang dibuat dari tangkai pohon gundul.

Hasil dari penilaian yang dikerjakan, mereka temukan jika bayi panda bisa memanjat pohon sebab pertolongan kepala yang mendorongnya. Panda kemungkinan tidak punya badan yang berperan untuk memanjat.

“Tanpa ada anggota badan yang panjang, susah buat panda untuk memanjat hingga mereka pada akhirnya memakai anggota badan yang terbesar, tidak lain ialah kepala,” kata Schulz dikutip IFL Science, Jumat (10/1/2020). Schulz menerangkan, kepala serta leher menolong bayi panda “menerkam” tangkai pohon hingga mereka terus naik ke atas.

Hal ini disadari Schulz tidak pernah kelihatan dikerjakan hewan lain. “Salah satu hewan lain yang memakai kepala untuk memanjat ialah bayi hewan berkantung. Mereka akan naik ke kantong induknya waktu dilahirkan dengan pertolongan kepala,” kata Schulz.

Disebutkan Schulz, kepala panda bisa menolong jaga pusat gravitasi pas di atas kaki belakang mereka. Ini seperti yang dikerjakan pemanjat tebit yang menerkam erat benjolan pada dinding. Bila panda trampil memanjat, mereka punya peluang yang semakin besar untuk bertahan hidup di alam liar. Schulz serta partnernya merencanakan pelajari panda yang sama tahun kedepan untuk lihat bagaimana potensi memanjat mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *