Pentagon Lakukan Riset Ternyata Rudal Iran Di Timur Tengah Tidak Terkalahkan

Pentagon Lakukan Riset Ternyata Rudal Iran Di Timur Tengah Tidak Terkalahkan

Berita Terbaru – Sebuah studi Pentagon mengutarakan, walau terserang sangsi sepanjang sekian tahun, Iran dapat meningkatkan rudal tidak tertandingi di Timur Tengah, serta melewati Israel.

Pentagon Lakukan Riset Ternyata Rudal Iran Di Timur Tengah Tidak Terkalahkan

Dalam laporan Tubuh Intelijen Pertahanan, misil yang ditingkatkan Teheran berkembang baik dari sisi ukuran, jumlahnya, sampai kecanggihannya. Studi Pentagon itu menunjukkan bagaimana Iran meningkatkan rudal mereka sestrategis mungkin. Karena, kemampuan udara mereka terbatas.

Dikutip AFP Selasa (19/11/2019), Iran masih bertopang pada jet tempur bikinan AS yang dipesan Shah Reza Pahlavi, dimana ia digulingkan dalam Revolusi 1979.

“Kurang dalam angkatan udara, mereka meningkatkan rudal balistik jarak jauh untuk menghajar lawan mereka, seperti AS, Israel, serta Arab Saudi,” tutur laporan itu. Berdasar laporan itu, Iran memiliki kemampuan rudal paling besar di Timur Tengah, yang serta tidak dapat disamai Israel berdasar info petinggi anonim AS.

Disebutkan jika misil yang ditingkatkan Teheran dapat mencapai jarak sampai 2.000 km., serta dapat sampai Saudi atau Tel Aviv. Pada 2017, mereka sempat memperlihatkan rudal Khoramshahr. Presiden Donald Trump dalam kicauannya sempat menyebutkan tehnologi rudal itu dari Korea Utara. Tetapi dapat meningkatkan rudal hebat, negara itu didapati cuma habiskan budget sampai 20,7 miliar dollar AS, seputar Rp 291 triliun, untuk militer pada 2017.

Ekonomi mereka tersuruk pada 2018 sesudah Trump keluar dari kesepakatan nuklir 2015, serta mulai mengaplikasikan rangkaian sangsi. Ahli Iran di Tubuh Intelijen Pertahanan Christian Saunders berujar, ia cemas bila embargo senjata pada Iran selesai. “Embargo itu akan habis pada Oktober 2020. Mereka berpeluang memperoleh potensi mengagumkan yang tidak mereka raih awalnya,” tutur Saunders.

Republik Islam itu dijatuhi embargo oleh PBB sesudah import senjata paling akhir pada 2016. Tetapi, larangan itu akan habis lima tahun sesudah implementasi kesepakatan nuklir. Satu orang petinggi intelijen anonim mengutarakan bila embargo itu selesai, peluang Teheran akan konsentrasi pada berbelanja tank serta jet tempur.

China serta Rusia jadi dua negara yang berkesempatan jadi penyuplai alat perang yang diperlukan. Iran menyebutkan pertahanan mereka penting. Mereka mengacu pada suport Barat buat Saddam Hussein waktu Perang Iran-Irak, atau program nuklir rahasia yang dikerjakan Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *