Para Persiset Berhasil Menemukan Potensi Senyawa Kalajengking Yang Bisa Berikan Manfaat Untuk Kesehatan

Para Persiset Berhasil Menemukan Potensi Senyawa Kalajengking Yang Bisa Berikan Manfaat Untuk Kesehatan

Berita Terbaru – Ketika Mendengar nama kalajengking yang ada di benak kita mungkin hal negatif. Dan jarang sekali kita berpikir bahwa kalajengking memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Perlu diketahui ternyata itu tidak seutuhnya benar. Periset sukses temukan dua senyawa baru dalam toksin hewan arachnida itu yang berperan menyembuhkan infeksi Staph serta tuberkulosis.

Para Persiset Berhasil Menemukan Potensi Senyawa Kalajengking Yang Bisa Berikan Manfaat Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan senyawa dalam toksin kalajengking yang dapat dipakai jadi antibiotik infeksi Staph serta tuberkulosis, bukan hal yang gampang serta mahal. Tiap satu milimeter toksin, periset harus memberikan dana sebesar Rp 145 juta. Belum juga, Richard Zare, pakar kimia dari Stanford University, mengatakan, perlu dua minggu atau lebih buat seekor kalajengking untuk memulihkan persediaan pada tubuhnya.

Tetapi, dengan faedah toksin itu, periset mengharap pada masa datang bisa meningkatkan sintetisnya di laboratorium hingga lebih dapat dijangkau. Dalam studinya, periset dari National Autonomous University of Mexico memerah toksin dari spesies Diplocentrus melici, yang awalnya tidak pernah ditelaah racunnya. Mereka selanjutnya memisahkan beberapa komponen dan menyintesisnya.

Seterusnya, periset mengetes dengan beberapa bakteri, seperti Staphlococcus aureus, Escherichia coli, serta Mycobacterium tuberculosis. Periset mengetes toksin yang sudah disentesis itu pada tikus yang terinfeksi TBC dan sampel jaringan manusia yang memuat bakteri Staph. Hasilnya, toksin itu sukses membunuh mikroorganisme Staph serta TB, tunjukkan potensinya jadi antibiotik.

Christine Beeton, pakar fisiologi molekuler serta biofisika di Baylor College of Medicine, yang tidak terjebak dengan studi itu mengatakan, riset toksin kalanjengking jadi suatu hal yang menjanjikan. Walau demikian, dia menggarisbawahi jika butuh pengujian selanjutnya untuk tahu dampaknya.

Termasuk menyiapkan dosis sintesis yang sesuai dengan jika akan diujikan pada rasio manusia. Diambil dari Hello Sehat, infeksi Staph adalah infeksi yang dikarenakan oleh bakteri Staphylococcus sp. Jika tidak mendapatkan perlakuan serius, karena itu dapat jadi penyakit yang mematikan.

Sesaat TB atau tuberkulosis sendiri ialah penyakit menyebar paling mematikan yang dikarenakan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit TB bisa menyerang beberapa organ, khususnya paru-paru. Jika tidak diobati atau pengobatannya tidak selesai, penyakit ini bisa memunculkan komplikasi beresiko sampai kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *