Masih Menjadi Salah Satu Wilayah Termisikin Di Indonesia Maluku Minta Tolong Pak Jokowi

Masih Menjadi Salah Satu Wilayah Termisikin Di Indonesia Maluku Minta Tolong Pak Jokowi

Berita Terbaru – Satu diantara tokoh warga Maluku, Hamzah Sangaji minta Presiden Joko Widodo memberi perlakukan spesial pada propinsi Maluku supaya wilayah berjuluk seribu pulau itu bisa keluar dari permasalahan kemiskinan serta keterbelakangan. Keinginan bekas Anggota DPR RI asal Maluku itu dikatakannya waktu berbicara dengan Jokowi serta rombongan di tempat pengungsian Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (29/10/2019).

Masih Menjadi Salah SAtu Wilayah Termisikin Di Indonesia Maluku Minta Tolong Pak Jokowi

“Anggaran (APBD) Rp 3,3 triliun itu kurang buat kami, kami perlu perlakuan spesial,” kata Hamzah. Ia mengemukakan propinsi Maluku sampai sekarang masih ada pada nomor urut 4 wilayah termiskin di Indonesia, keadaan itu pasti membuat Maluku makin sulit memburu ketertingalan sebab budget untuk Maluku sangat minim.

“Bapak gubernur Maluku dengan angka berbelanja wilayah kira-kira Rp 3,3 triliun itu mustahil dapat menggenjot proses pembangunan Maluku yang ini hari ketinggalan dengan daerah lain,“ katanya. Menurut Hamzah untuk menangani permasalahan yang berlangsung di daerah Maluku perlu keterpihakan pemerintah lewat kebijaksanaan fiskal yang adil buat merangsang perkembangan ekonomi pemercepatan pembangunan.

Karena menurut dia infrastruktur adalah service publik yang perlu dipenuhi. “Harapan ini penting buat kami, semoga bapak dapat beri satu oleh-oleh sebab peraturan nasional lewat penegakan fiskal berbelanja wilayah tidak penuhi ketentuan buat kami untuk berkompetisi dengan wilayah lain,” tuturnya.

Tanggapan Jokowi Menyikapi keinginan itu, Presiden Jokowi mengaku ia sudah dengarkan keluhan yang sama dari Gubernur, bupati dan wali kota waktu pertemuan terbatas yang berjalan tadi malam. “Tadi malam saya dengan pak gubernur, wagub semua bupati serta wali kota telah rapat terbatas semalam jam 9 malam sampai jam jam 10 melalui, yang dikatakan sama seperti tadi bapak samapaikan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi berkaitan keluhan itu, ia sudah mencatatnya serta janji akan mengontak Menteri Keuangan. Berkaitan permasalahan itu, Jokowi memperingatkan jika negara indonesia mempunyai 514 kabupaten serta kota serta 34 propinsi.

Mengenai permasalahan yang ditemui waktu dia menjumpai beberapa kepala wilayah sama. Walau demikian Jokowi janji dengan terbatasnya APBN yang ada ia akan memberi perhatian penuh pada Maluku agar keluar dari keterbelakangan. “Usulan tadi dikatakan kelak siang akan saya telephone Menteri Keuangan untuk dapat memberi perhatian yang lebih pada propinsi Maluku,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *