Bike Sharing Akan Segera Hadir Di Tempat Umum Di DKI Jakarta

Bike Sharing Akan Segera Hadir Di Tempat Umum Di DKI Jakarta

Berita Terbaru – Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menyiapkan service bike share atau share sepeda di beberapa tempat umum. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, sepeda-sepeda itu akan disediakan di stasiun kereta api, halte, serta terminal. Dia membidik penyediaan sepeda itu akan rata dalam tempat umum pada 2020.

Bike Sharing Akan Segera Hadir Di Tempat Umum Di DKI Jakarta

Penyediaan sepeda itu diinginkan bisa mempermudah mobilitas masyarakat ke arah transportasi umum. “Untuk bike share kami tujukan memang ke pusat-pusat pekerjaan maksudnya ialah ia jadi last mile untuk di arah akhir si aktor perjalanan,” tutur Syafrin di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

“Jadi maksudnya ialah warga yang di seputar situ yang kira-kira pergi dari terminal selanjutnya memakai bis dari tempat tinggalnya tidak bawa serta kendaraan langsung ke arah, ke kantor, atau ke tempat ia melakukan aktivitas tetapi dapat ke terminal paling dekat parkir sepeda selanjutnya meneruskan dengan bis,” tutur ia. Dia memberikan tambahan, faksinya masih membahas dengan tehnis pengaturan penyediaan sepeda ini.

Baik itu langkah pemakaiannya atau dimanapun nanti sepeda-sepeda itu diletakkan. Syafrin juga membidik penyediaan sepeda itu akan diaplikasikan mulai tahun kedepan. “Kalau bike sharing saat ini kami dalam step pengaturan detail teknisnya, kemudian usai,” katanya. Awalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memang santer mencanangkan moda pengalihan transportasi ke sepeda.

Pemda merencanakan mengerjakan jalan spesial sepeda selama 63 km.. Anies membaginya jadi tiga babak. Jalan sepeda babak 1 membentang dari Jalan Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur, sampai Gambir, Jakarta Pusat dengan panjang 25 km..

Jalan dua diawali dari persimpangan dekat Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta Selatan ke arah Terowongan Kendal, Jakarta Pusat selama 23 km.. Eksperimen dua jalan ini telah berjalan, babak pertama semenjak 20 September serta babak ke-2 pada 12 Oktober. Awalnya, service bike share GOWES sekarang ada di Monas, Jakarta Pusat. Ada 100 sepeda yang dapat dibuka di tujuh titik di Monas. Orang yang ingin memakai service bike share cukup hanya mengambil aplikasi GOWES di Play Store atau App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *