Benarkah Air Kelapa Bisa Mengobati Penyakit Batu Ginjal ? Ini Penjelasannya

Benarkah Air Kelapa Bisa Mengobati Penyakit Batu Ginjal ? Ini Penjelasannya

Berita Terbaru – Satu pesan berantai berbentuk testimoni tersebar di aplikasi pembicaraan WhatsApp serta sosial media Facebook. Pesan itu berisi testimoni satu orang yang mengklaim sukses mengobati penyakit batu ginjal dengan konsumsi air kelapa. Pada upload yang selanjutnya tersebar luas itu, air dari kelapa hijau dengan sabut berwarna merah muda bisa disebutkan bisa mengobati batu ginjal.

Benarkah Air Kelapa Bisa Mengobati Penyakit Batu Ginjal Ini Penjelasannya

Triknya, dengan konsumsi air dari kelapa hijau utuh yang sudah dipanaskan bersama dengan air mendidih. Air kelapa yang sudah dipanaskan itu selanjutnya diminum sebelum tidur. Menurut pesan itu, waktu buang air kecil pada esok paginya, warna air kencing menjadi seperti air susu serta bukan kuning atau cokelat .

Si pembuat testimoni menjelaskan, dalam 2x minum, batu ginjal telah hilang, serta air kelapa cuma bisa dikonsumsi optimal 3x saja. Wartawan mengontak spesialis penyakit dalam konsultan ginjal serta hipertensi dr Tunggul Situmorang, Sp. PD-KGH dari RS Ciptomangunkusumo, Jakarta. Menurutnya, berkaitan ini, tidak pernah ada riset yang menerangkan apa air kelapa hijau bermanfaat mengobati batu ginjal.

“Berkaitan manfaat air kelapa hijau tidak dapat kasih komentar sebab tidak pernah saya baca ada riset mengenai itu,” kata Tunggul, waktu dihubungi wartawan, Sabtu (19/10/2019). Dia mengatakan, di dunia kedokteran, apa yang dipercaya benar harus berdasar bukti atau evidence based medicine (EBM) serta bukan testimoni semata-mata.

Dengan begitu, hasil yang diraih dari satu penyembuhan harus jelas dapat dibuktikan sebab memang benar ada aksi yang dikerjakan, baik itu minum obat atau ramuan spesial. Diluar itu, hasil itu akan sama bila diaplikasikan ke beberapa pasien. Tunggul menerangkan, di dunia kedokteran, batu ginjal ada banyak macamnya. Penyakit ini, menurut Tunggul, bisa diobati serta sembuh, serta dapat dihindari supaya tidak muncul kembali.

“Hal batu ginjal benar-benar jelas dalam pengetahuan kedokteran dari mulai sebabnya, jenis-jenisnya, proses berlangsungnya, pengobatannya, serta pencegahannya yang telah berbasiskan EBM,” katanya. Dokter Tunggul menyarankan supaya warga tidak gampang yakin pada info yang belum diyakinkan kebenarannya. Bila berkaitan info penyembuhan serta kesehatan, semestinya merujuk di hasil riset yang sahih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *