Hubungan Carut Marut PB Djarum VS KPAI Dengan Salah Satu KLub Bola Austria INi

Hubungan Carut Marut PB Djarum VS KPAI Dengan Salah Satu KLub Bola Austria INi

Berita Terbaru – Austria Wina mungkin bukan nama club sepak bola yang populer di mata penggemar sepak bola Tanah Air. Club ini datang dari Austria, negara yang kompetisinya benar-benar tidak disukai di Indonesia. Tetapi, club ini punyai cerita sejarah terkait erat dengan carut-marut PB Djarum versus KPAI yang muncul akhir-akhir ini. Austria Wina sudah pernah beberapa puluh tahun memakai nama Austria Memphis, persisnya dari 1977-2004. Diambil dari Guardian, Austria Wina memang sudah pernah dipunyai perusahaan rokok Austria Tabak semenjak 1977. Pemilikan oleh perusahaan rokok berefek ke pemakaian nama produk rokok dari perusahaan berkaitan ke nama club.

Hubungan Carut Marut PB Djarum VS KPAI Dengan Salah Satu Klub Bola Austria Ini

Austria Tabak mempunyai produk rokok dengan nama merk Memphis. Tidak hanya jadi sponsor penting di baju pemain, Memphis tersemat di nama club. Semenjak 1977, jadilah Austria Wina memakai nama Austria Memphis. Sesudah beberapa puluh tahun, persisnya pada 2004, Memphis selanjutnya harus ikhlas dicabut dari nama club sebab mulai ketatnya peraturan sekitar larangan iklan rokok. Bila melihat pada catatan riwayat Bundesliga Austria, Austria Wina alami kemerosotan prestasi sesudah tidak bersama dengan Austria Tabak dengan merk Memphis-nya itu. Sepanjang memakai nama Memphis dari 1977-2004, Austria Wina tertera sudah pernah 11 kali jadi juara Liga Austria. Sesudah tidak memakai nama merk rokok, Austria Wina tertera cuma 2x mendapatkan juara, persisnya pada musim 2005-2006 serta 2012-2013. Di banyak negara Eropa serta negara maju yang lain, peraturan larangan iklan rokok memang berlaku ketat tanpa ada kompromi.

Waktu seri MotoGP Perancis pada Mei 2019, Ducati dilarang menempatkan “Mission Winnow” di body motor, pakaian balap, serta nama team. Keadaan yang dihadapi Ducati dihadapi Ferrari waktu seri F1 di Australia, Kanada, serta Perancis. Misson Winnow sebenarnya bukan merk rokok. Ini ialah jargon yang diusung Phillip Morris untuk pekerjaan mereka di luar usaha rokok. Phillip Morris adalah perusahaan rokok pemilik merk Marlboro yang sudah lama jadi sponsor penting Ferrari serta Ducati. Tetapi, mulai ketatnya peraturan iklan rokok pada sebuah dekade paling akhir membuat nama Marlboro tidak dapat benar-benar tampil di body motor, pakaian balap, serta nama team.

Di Indonesia sendiri, KPAI melarang pemakaian nama Djarum dalam pekerjaan audisi badminton yang diadakan club PB Djarum. Di lain sisi, PB Djarum mengatakan jika mereka ialah club badminton, bukan perusahaan rokok Djarum. PB Djarum meneror bila tidak bisa memakai nama timnya, karena itu audisi yang mereka adakan tidak akan berjalan tahun kedepan. Kemenpora sedang berusaha cari jalan tengah dengan menghadapkan kedua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *