Penjelasan Mohamad Nasir Perihal Syarat CPNS Dosen Wajib Berpendidikan S3

Penjelasan Mohamad Nasir Perihal Syarat CPNS Dosen Wajib Berpendidikan S3

Berita Terbaru – Mohamad Nasir sebagai Menristekdikti ( Menteri Analisa, Tehnologi, serta Pendidikan Tinggi ) memberikan pengakuan berkaitan info Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang ketentuan kwalifikasi S3 untuk calon pegawai negeri sipil ( CPNS) dosen, periset, serta perekayasa. Nasir menjelaskan jika ketentuan kwalifikasi S3 cuma untuk CPNS dosen berumur di antara 35 sampai 40 tahun. Awalannya kebijaksanaan itu ada saat rekrutmen CPNS pada 2017. Waktu itu banyak calon dosen yang memiliki gelar S3, tapi tidak dapat diterima sebab telah berumur di atas 35 tahun. Demikian dengan dokter spesialis yang umurnya di atas 35 tahun. Menristekdikti sayangkan ketentuan itu.

Penjelasan Mohamad Nasir Perihal Syarat CPNS Dosen Wajib Berpendidikan S3

Alasan Kemenristekdikti “Lalu apa mereka tidak dapat direkrut jadi PNS? Sesuai dengan ketentuan pemerintah tidak bisa karena ketentuannya maksimum 35 tahun. Saya katakan jika mereka tidak diterima kita rugi sebab mereka tak perlu disekolahkan, dokter pun tidak perlu sekolah untuk spesialis, ini kan mengagumkan,” sebut Menristekdikti saat didapati di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Begitupun bila pemerintah terima CPNS yang telah bergelar magister, belum pasti mereka dapat jadi doktor waktu usianya telah sampai 40 tahun. Oleh karena itu, dianjurkan pada Kementerian Pendayagunaan Perangkat Negara serta Reformasi Birokrasi (PAN-RB) supaya merubah ketentuan itu. “Pada akhirnya Menpan RB terima keadaan ini serta keluarlah ketentuan itu, tetapi saya belum terima,” tambah Nasir. Dia juga menyarankan penerimaan CPNS dosen pada tahun ini semestinya dikerjakan lewat dua ketentuan. Ketentuan pertama yakni bila bergelar magister harus penuhi ketentuan optimal berumur 35 tahun. Selanjutnya, ketentuan ke-2 yaitu bila umurnya sudah lebih dari 35 tahun karena itu harus bergelar doktor atau dokter spesialis. “Ini yang saya syaratkan, semoga dapat jalan,” ujarnya.

Batasan umur 40 tahun Sebelumya seperti sudah dikabarkan, Pemerintah buka lowongan PNS buat lulusan doktoral ( S3) serta dokter spesialis dengan umur optimal 40 tahun. “Dengan alasan untuk penuhi keperluan jabatan tersendiri, Presiden Joko Widodo pada 3 Juli 2019 sudah tanda-tangani Ketetapan Presiden (Keppres) Nomer 17 Tahun 2019,” catat tayangan wartawan Humas Sekretariat Kabinet (Setkab) pada situs www.setkab.go.id, Selasa (10/9/2019).

“Lewat keppres ini, pemerintah buka kesempatan buat lulusan strata 3 (doktoral) dengan batas umur tertinggi 40 tahun jadi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) untuk jabatan-jabatan tersendiri,” tuturnya. Dalam keppres, jabatan tersendiri yang bisa saja untuk pelamar berumur tertinggi 40 tahun yaitu dokter, serta dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, periset, serta perekayasa. Untuk jabatan dokter serta dokter gigi, tidak hanya harus lulusan S3, pelamar harus juga penuhi kwalifikasi jadi dokter spesialis serta dokter gigi spesialis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *