Masih Heran Kenapa Saat Menstruasi Wajah Wanita Bisa Timbul Jerawat ? Ini Penyebabnya

Masih Heran Kenapa Saat Menstruasi Wajah Wanita Bisa Timbul Jerawat ? Ini Penyebabnya

Berita Terbaru – Jerawat Banyak muncul waktu Menstruasi? Ini Fakta serta Langkah Menanganinya. Banyak wanita yang rasakan perut nyeri, pergantian mood, perut kembung sampai berjerawat waktu atau sebelum menstruasi. Dari semua gejala itu, pasti jerawat jadi hal yang paling mencolok sebab mengganggu penampilan. Lalu, apa sebetulnya sebagai pemicu jerawat sebelum menstruasi?

Masih Heran Kenapa Saat Menstruasi Wajah Wanita Bisa Timbul Jerawat Ini Penyebabnya

Pembentukan jerawat sebelum menstruasi sebenarnya sama dengan jerawat biasanya. Prosedurnya bermula dari produksi sebum oleh kelenjar minyak dalam kulit Anda. Sebum adalah zat minyak yang berperan jadi pelumas alami kulit. Sesudah dibuat oleh kelenjar minyak, sebum akan keluar dari folikel lewat pori-pori ke arah permukaan kulit. Folikel ialah sisi terdalam dari pori-pori kulit yang disebut tempat tumbuhnya rambut, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Kadang, sebum tidak bisa keluar dari folikel sebab pori-pori terhalang. Sumbatan ini tercipta dari kombinasi sebum, sel kulit mati, serta rambut. Berikut yang lalu jadi cikal-bakal pemicu jerawat. Jerawat tercipta saat bakteri menginfeksi sumbatan itu serta sebum menumpuk di folikel. Infeksi bakteri selanjutnya menyebabkan reaksi peradangan yang diikuti dengan pembengkakan, ngilu, serta kemerahan. Tingkat keparahan jerawat tergantung pada type bakteri yang menginfeksi. Tidak semua bakteri pada kulit bisa mengakibatkan jerawat. Umumnya, bakteri yang seringkali jadi penyebab jerawat ialah Propionibacterium acnes.

Pemicu jerawat sebelum menstruasi

Siklus haid rata-rata berjalan sepanjang 14 hari. Selama siklus itu, beberapa hormon badan beralih, seperti hormon estrogen serta progesteron. Produksi hormon estrogen bertambah sepanjang 14 hari pertama, sedang progesteron baru bertambah pada 14 hari selanjutnya. Selanjutnya, jumlahnya ke-2 hormon itu akan alami penurunan menjelang waktu menstruasi. Saat yang sama, produksi hormon testosteron tidak beralih. Testosteron ialah hormon reproduksi pria, tetapi wanita memilikinya dalam jumlahnya dikit.

Meskipun dikit, jumlahnya testosteron sepanjang menstruasi condong tambah tinggi dibanding estrogen serta progesteron sebab produksi kedua-duanya sedang alami penurunan. Nyatanya, jumlahnya testosteron yang tinggi jadi pemicu jerawat ada sebelum menstruasi. Masalahnya kandungan testosteron yang tinggi sepanjang menstruasi mengakibatkan produksi sebum bertambah.

Buat beberapa wanita, menambahnya sebum bisa membuat muka terlihat lebih cerah. Tetapi, produksi sebum yang berlebihan dapat juga menutup pori-pori serta menyebabkan jerawat. Jerawat bisa ada makin banyak waktu jumlahnya hormon progesteron kembali bertambah. Masalahnya jumlahnya hormon progesteron yang bertambah mengakibatkan kulit membengkak. Pori-pori juga makin mengecil hingga sebum terjerat dalam folikel.

Langkah menahan jerawat sebelum menstruasi

Pemicu jerawat sebelum menstruasi seutuhnya datang dari hormon serta bukan lantaran Anda kurang jaga kebersihan muka. Meskipun begitu, Anda yang rawan mempunyai jerawat sebelum menstruasi bisa mencegahnya lewat cara tersebut dikutip dari Hello Sehat :

-Membersihkan muka dengan teratur 2x satu hari
-Tidak sentuh muka dengan tangan
-Membersihkan monitor hp yang bersentuhan dengan muka
-Menghindari kosmetik yang memiliki kandungan minyak
-Segera mandi sesudah berkeringat atau olahraga
-Selalu bersihkan riasan sesudah melakukan aktivitas

Konsumsi makanan bergizi imbang dan batasi makanan tinggi lemak serta gula
Menghindarkan jerawat sebelum menstruasi memang susah, karena pemicu keadaan ini datang dari badan Anda sendiri. Pergantian hormon juga tidak bisa dihindari, jadi yang dapat Anda kerjakan ialah menahan jerawat makin bertambah kronis. Dengan lakukan pola hidup sehat serta bersih di atas, bisa menahan jerawat yang hadir waktu menstruasi. Tetapi bila jerawat akan kembali hilang dengan sendirinya sesudah waktu menstruasi usai. Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk memperoleh perlakuan yang sesuai dengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *