Mengulik Keindahan Gunung Gulgulan

Mengulik Keindahan Gunung Gulgulan

Berita Terbaru – Nama Gunung Piramid, turut jadi perhatian akhir-akhir ini sejak berlangsung masalah jatuhnya Thoriq Rizky Maulidan. Thoriq diketemukan wafat sesudah lebih dari satu pekan dikatakan hilang selesai memburu sunset ke Gunung Piramid bersama dengan teman-temannya di gunung itu. Gunung Piramid sendiri ada di barisan Pegunungan Hyang Argopuro. Rara, seseorang pendaki yang sudah pernah mendaki Gunung Piramid mengutarakan jika Gunung Piramid mempunyai panorama indah yang ingin membuat balik lagi kesana.

Mengulik Keindahan Gunung Gulgulan

Sebenarnya tidak cuma Gunung Piramid, Bondowoso dianugerahi alam yang mengagumkan. Di seputar Gunung Piramid ada gunung-gunung lain yang tidak kalah elok. Diantaranya ialah Gunung Gulgulan. Gunung Gulgulan ada disamping timur Gunung Argopuro, persisnya ada disamping selatan Gunung Piramid. Gunung ini mempunyai ketinggian seputar 1.406 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Menurut pembicaraan Nanda Setyawan, satu diantara anggota Relawan Muda Bondowoso (RMB), Gunung Gulgulan disebutkan demikian karena kata gulgulan mempunyai pengertian “pundak sapi”. “Gulgulan itu pundaknya sapi. Sebab jika disaksikan dari atas itu, seperti bahu sapi,” katanya. Dari pembicaraan Nanda, waktu paling baik mendaki Gunung ini ialah waktu pagi, karena dari atas awan-awan berantakan dapat kelihatan.

Bisa panorama di atas awan jika pagi,” katanya. Tidak seperti Gunung Piramid dimana ruang campground-nya sempit. Bila ada di Gunung Gulgulan ruang campground cukup luas untuk menyimpan beberapa tenda. Juga dengan puncaknya dapat untuk membangun tenda. “Campground cukup luas, dapat membangun beberapa tenda,” papar Pakabon admin @bondowosoexplorer sekaligus juga praktisi wisata seputar. Meskipun begitu, tetap jalan pendakian Gunung Gulgulan tidak dapat dilihat sepele. Kesiagaan serta perlengkapan yang ideal dibutuhkan. Mendaki gunung ini sekurang-kurangnya dibutuhkan waktu 5 jam.

Gunung Gulgulan mempunyai kemiringan melawan pada punggungan gunung. Akan tetapi condong lebih aman. “Jalurnya lebih gampang serta masih pohon-pohon. Tidak seperti Piramid langsung ke jurang,” papar Pakabon. Untuk ke arah Gunung Gulgulan dari kota ke arah Pasar Dadapan, belok kanan ke arah desa Wonosari dusun Patirana. Nanti disana ada basecamp Gunung Gulgulan dimana harus buat pendaki untuk isi data diri. Di basecamp telah ada penjual yang jual keperluan mineral serta logistik. Nanda merekomendasikan tentu saja semakin lebih baik bila pendakian memakai layanan pemandu wisata sebab tidak hanya lebih aman, pendakian Gunung Gulgulan agar semakin dapat mendayakan warga ditempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *