Empat Alasan Anda Tidak Merasa Kenyang Saat Makan

Empat Alasan Anda Tidak Merasa Kenyang Saat Makan

Berita Terbaru – Sering rasa lapar susah termonitor seperti langsung merasakan lapar walau sebenarnya baru usai makan. Beberapa ahli menerangkan 8 ini mungkin jadi pemicu. Pada intinya, badan memang tergantung pada makanan jadi sumber daya. Karena itu normal bila Anda merasakan lapar sesudah tidak makan sepanjang beberapa saat. Tetapi yang menjadi permasalahan adalah saat perut Anda terus-terusan lapar walau sebenarnya Anda barusan makan. Hal itu nyatanya dapat diterangkan dengan ilimiah. Dikutip dari Prevention (1/7), tersebut fakta penting kenapa Anda tetap lapar seperti diterangkan beberapa ahli kesehatan.

Empat Alasan Anda Tidak Merasa Kenyang Saat Makan

Anda tidak kenyang waktu makan. Bila Anda cuma makan dikit, pasti Anda akan lapar dan ngemil. Agar kenyang lebih lama, Anda butuh konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang pas. Terhitung protein, lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, serta serat. Menurut Alexandra Sowa, MD, pendiri SoWell Health, “Makanan yang dipenuhi serat seperti sayuran hijau dengan kepadatan yang tinggi serta karbohidrat seperti oatmeal, bisa menolong aliran pencernaan, dan turunkan kandungan glukosa darah, bahkan juga membuat Anda kenyang lebih lama,” tuturnya.

Yang Pertama Anda sedang depresi. “Saat Anda depresi, badan Anda akan alami kenaikkan hormon kortisol serta ghrelin, yang kedua-duanya akan membuat Anda merasakan lapar,” kata Dr Sowa. Dia menjelaskan jika orang yang sedang depresi akan konsumsi makanan karbohidrat terlebih dulu. Untuk menanganinya, coba kerjakan beberapa tehnik untuk lepas dari depresi, seperti latihan rileksasi atau jalan-jalan sesaat di luar.

Yang Kedua Anda sedang capek. Kerjaan yang menumpuk sampai kerja sampai tengah malam akan membuat Anda merasakan cepat capek. Kondisi ini dapat menyebabkan hormon lapar bertambah, sesaat hormon leptin turun, yang malah akan membuat Anda merasakan lapar saat Anda sedang capek. “Saat Anda tidak tidur pulas, badan akan berasumsi jadi kondisi yang beresiko, serta hormon depresi akan bertambah,” kata Dr. Sowa. Dia merekomendasikan untuk memperiksakan-diri ke dokter untuk lihat apa Anda menanggung derita sleep apnea ataukah tidak.

Yang Ketiga Anda lihat kebanyakan photo makanan enak.Bila Anda habiskan waktu dengan mencari posting Instagram yang didalamnya makanan, pasti Anda akan merasakan lapar. Kenyataannya, beberapa periset temukan jika cukup dengan lihat beberapa gambar makanan bisa membuat otak Anda merasakan lapar. “Makin Anda memikirkan satu makanan, contohnya dari bagaimana baunya atau rasa-rasanya, maka membuat Anda makin menginginkannya,” kata Albers. Selanjutnya Dr. Sowa menyarankan sebaliknya. “Dibanding Anda lihat photo makanan, lebih baik mencari hashtag pilihan makanan sehat yang dapat Anda turuti agar bisa memberikan inspirasi Anda,” tuturnya.

Yang Ke Empat Anda mungkin alami resistensi insulin. Bila Anda betul-betul seringkali merasakan lapar serta tidak ada hubungannya dengan alasan-alasan di atas, Anda dapat tanyakanlah pada dokter untuk tahu apa Anda alami resistensi insulin ataukah tidak. Resistensi insulin adalah satu keadaan yang bila tidak diobati dapat ke arah diabetes. Dr. Sowa merekomendasikan, “Bila Anda alami resistensi insulin, itu bermakna beberapa sel Anda tidak bereaksi pada insulin seefisien yang semestinya, hingga pankreas harus memompa semakin banyak insulin dari umumnya dan membuat beberapa sel menyerap glukosa, hingga semua insulin penambahan membuat badan Anda untuk terus makan,” tuturnya. “Selanjutnya waktu Anda makan, kandungan gula darah Anda naik serta Anda memompa semakin banyak insulin, ini akan membuat Anda untuk makan lebih banyak.” Untuk hentikan siklus ini, Anda dapat mengubah diet serta teratur olahraga mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *